Selasa, 31 Mei 2011

Kue Adrem Sanden

Kue adrem yang bentuknya unik
Kue Adrem adalah makanan unik yang berasal dari Kecamatan Sanden Bantul, kue ini dibuat dengan bahan baku utama tepung beras dan gula jawa merah yang digoreng. Rasa dari kue ini cukup manis dan sedikit gurih, saat digigit akan terasa legit. Karena bentuknya yang unik, kue ini juga sering disebut kue Th*lpit (konth*l kejepit).

Makanan ini sangat cocok bila disantap dengan ditemani minuman teh panas maupun kopi yang agak pahit karena rasanya yang manis, kue Adrem ini cukup populer di era tahun 80 - 90an. Seiring dengan berjalannya waktu dan kian bertambahnya keberagaman jenis makanan, kue Adrem ini semakin tenggelam kepopulerannya di generasi saat ini.
Rasanya manis nan legit
Keberadaan dari kue ini pun semakin jarang dijumpai, saat ini kue Adrem hanya bisa dijumpai di beberapa pasar tradisional di Kecamatan Sanden, Srandakan, Pandak dan Kretek. Citarasa dari kue ini juga mengalami perubahan karena adanya perubahan bahan baku gula jawa yang ditambah gula pasir sehingga mengurangi kelegitan rasanya.

Mungkinkah kue Adrem dari Sanden ini akan tetap bertahan di masa-masa mendatang, dan kembali dikenal oleh generasi muda saat ini dan generasi yang akan datang.

7 komentar:

  1. sajake enaak tenan :D
    kapan-kapan gawake sample ya mas.. hehehe

    BalasHapus
  2. ok. mas sesok nek pas mudik nang sanden

    BalasHapus
  3. ora enak nek ora bagi2 mas... wkk.. :D
    (admin bantulonline.com )

    BalasHapus
  4. Tak ada yang lebih enak daripada mengenang kue adrem , sejatinya kue adrem tak ada istimewanya, yang istimewa adalah siapa yang membuatnya, hehehe jadi teringat tahun 1982 an saat aku masih muda dan fresh, sehingga sanggup setiap sabtu atau minggu mengantarkan "seseorang" yang ternyata nggak jadi "seseorang" persis disamping pantai Pandansari, sampai saat inipun masih teringat ketika seseorang itu menyuguhkan kue adrem dan itu sepertinya abadi !

    BalasHapus
  5. enaknya bolu chsntique, pengen nyoba lagi
    Cvtugu

    BalasHapus
  6. enaknya kue khas jogja, murah dan mudah didapat..nanti pengen nyoba lah..
    Dk Tour Jogja

    BalasHapus