Sabtu, 09 Oktober 2010

Mbolang ke Pegunungan Menoreh Kulon Progo

Ini adalah sebuah cerita tentang segerombolan bolang yang ingin melakukan ekspedisi goa-goa di pegunungan Menoreh atau caving bahasa Jawanya, tepatnya tanggal 18 Oktober 2009 yang lalu. Sembari menunggu cerita atau kabar terbaru yang ditulis oleh teman-teman BloggerSANDEN yang ingin dibagi pada para pembaca semua, kita posting cerita yang lumayan udah kadaluarso tetapi masih asik untuk disimak.

Langsung saja kita mulai ceritanya, acara touring/caving ini sebenarnya adalah acara dadakan gak ada rencana yang matang yang penting kita dolan ramai buat refreshing. Bingung cari tujuan kemana tempat yang asik untuk dijelajahi yang tempatnya gak jauh tapi asik untuk dikunjungi. Setelah Googling di internet ketemu   beberapa tempat di pegunungan Menoreh yang memang belum pernah didatangi oleh Tim Jelajah PETTIR, yaitu Gua Kiskendo, Goa Sumitro dan Goa Seplawan. Tanpa pikir panjang lagi langsung kumpulin para bolang dan kebetulan bolo-bolo mblayang ini juga tertarik dan langsung aja OK. Kami berangkat sekitar pukul 09.00 pagi dari basecamp langsung meluncur ke pegunungan Menoreh.

Wis koyo patunge Sugriwo, Subali hehehe..

Alon-alon cah mengko ilang nang njero guwo

Setelah menempuh perjalanan sekitar satu lebih  melintasi Pegunungan Menoreh dan beberapa kali bertanya pada penduduk akhirnya kami tiba di Goa Kiskendo yang terletak di Dusun Sukamaya, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo Daerah Istimewa Yogyakarta. , dan kami pun langsung menjelajahi ke dalam Goa. Goa Kiskendo ini adalah goa alam, di dalamnya sudah di bangun tangga dan jalan blok sehingga nuansa alaminya menjadi berkurang. Setelah puas menjelajah Goa Kiskendo dan merasa cukup pengap didalamnya kami pun segera keluar dan meneruskan penjelajahan ke Gua Sumitro yang letaknya tidak jauh dari Goa Kiskendo ini.

Ekspedisi ini tidak berhenti di sini saja, kami juga lansung meluncur ke Goa Seplawan yang berada di desa Donorejo,kecamatan Kaligesing Purworejo. Sebelum memasuki Goa Seplawan kami mampir kesebuah gardu pandang, dari gardu pandang ini kita bisa melihat bentang alam Pegunungan Menoreh dan juga genangan Waduk Sermo di kejauhan. Setelah puas melihat panorama alam kami pun segera menjelajah ke dalam goa, Goa Seplawan ini masih cukup alami dengan ruang goa yang cukup luas dan kedalaman goanya sangat panjang, di dinding goa ini diberi lampu penerangan tapi tidak merusak kesan alami gua alam ini.

Goa Sumitro keren, tapi kebak banyu ra wani mlebu

Saatnya melanjutkan petualangan

Mbolang neng pegunungan menoreh

Oleh opo le mblusukan nang guwo??

Setelah puas mengeksplor Goa Seplawan kami pun segera kembali menuju Sanden, kami menuruni Pegunungan Menoreh melewati kecamatan Kali Gesing ke arah Kota Purworejo dengan kondisi jalan yang rusak cukup parah kala itu. Berhubung waktu masih cukup siang, kami melanjutkan acara mbolangnya ke Panta Glagah Indah. Di pantai ini kami beristirahat dan juga sempat naik perahu ramai-ramai mengitari laguna. Setelah hari beranjak sore kami segera memacu kendaraan kami untuk pulang. Bagaimana kisah petualangan yang cukup seru tho??

Kurang hiburan kabeh kayane

Gek ndang muleh wes sore, ojo lali mampir nyate..

Akhirnya sampai acara inti.... nyate wedhus

3 komentar: