Minggu, 31 Oktober 2010

Pesona Alam Sanden

Para petani
Di Lihat dari letak geografisnya Kecamatan Sanden berupa dataran rendah, dimana sungai-sungai yang melewati daerah kecamatan Sanden ini mengalir relatif stabil dan cukup untuk memenuhi kebutuhan air di hamparan sawah yang membentang cukup luas di daerah Sanden ini. Masyarakat di Kecamatan Sanden mayoritas bermata pencaharian sebagai petani, selain bertani masyarakat Sanden juga banyak yang menjadi nelayan karena Kecamatan Sanden juga terletak di pesisir laut selatan. Potensi wisata alam di Kecamatan Sanden juga cukup elok yaitu berupa pantai, antara lain:

Delta pantai samas
Pantai Samas terletak di Desa Srigading, Sanden, Bantul atau sekitar 24 km selatan Yogyakarta. Jalur menuju lokasi sangatlah mudah, sekitar 30 menit dari kota Yogyakarta. Situasi alam di pantai ini sangat berbeda dengan Pantai Parangtritis, Pantai Samas terkenal dengan angin lautnya yang kencang dan bibir pantai yang curam serta pantainya berombak besar dan berpasir hitam. Di pantai ini juga terdapat delta-delta sungai dan danau air tawar yang membentuk telaga.

Pantai pandansari
Pantai Pandansari terletak di Gadingsari Kecamatan Sanden Kabupaten Bantul. Pantai ini masih relatif sepi ini terletak di antara Pantai Samas dan Pantai Goa Cemara. Perjalanan sampai pantai ini bisa ditempuh selama 30-45 menit dari Jogja dengan kecepatan rata-rata, atau di sebelah barat Pantai Samas. Di pantai ini akan kita jumpai sebuah menara mercusuar yang menjulang tinggi di antara rimbunnya tanaman cemara udang, selain itu juga banyak tanaman buah naga yang dibudidayakan oleh para petani setempat.

Rindangnya pantai goa cemara
Pantai Goa Cemara terletak di Patehan, Gadingsari, Sanden, Bantul Yogyakarta. Pantai ini berada di sebelah barat Pantai Pandansari yang masih berderetan dengan Pantai Samas dan berada disebelah timur Pantai Kwaru. Pantai ini sangat teduh dengan deretan pohon cemara udang yang lebat nan rindang, Di pantai ini tersedia kuliner sea food dengan ikan yang segar hasil tangkapan para nelayan.

Pantai goa cemara

3 komentar:

  1. yo le promosi sanden ditambah meneh kang....apik apik..mantaB

    BalasHapus
  2. sanden knp blm banyak yg tau ,,,saya jg baru dengarr

    BalasHapus
  3. http://pahlawan-kali-sunter.blogspot.com/2011/01/makam-raden-ayu-roro-pembayun-di.html

    BalasHapus