Senin, 29 November 2010

Ada Apa di Sanden Bantul?

Selain memiliki keindahan pantai dan alam pedesaan dengan hamparan persawahannya yang hijau, Kecamatan Sanden juga memiliki tempat sentra kerajinan yang unik.

1. Kerajinan Bathok kelapa di Dusun Piring, Murtigading, Sanden, Bantul. Batok yang merupakan limbah industri rumah tangga, disulap menjadi kerajinan yang berdaya jual dan bernilai seni tinggi. Aneka produk yang dihasilkan antara lain : kap lampu, file holder, place mate, pigura, tempat lilin, box tissu, westebin (tempat sampah) dan lain-lain. Produk yang di hasilkan semua menggunakan teknik balut dan memiliki karakteristik fungsional sendiri-sendiri. Harganya dari Rp 7.500,00 - Rp 1.500.000,00 setiap produknya.

Ide awalnya tercetus ketika melihat banyaknya tempurung / batok kelapa yang dihasilkan dari industri makanan khas Bantul, seperti geplak, sagon, dan minyak goreng yang limbahnya (batoknya) biasa untuk arang. Ada dua jenis produk yang dihasilkan yaituproduk handycraft dan furniture. Pangsa pasarnya adalah kalangan menengah keatas. Kapapasitas produksi per bulan rata-rata mencapai 1000 pieces dengan nilai nominal hampir Rp 50 juta per bulan. Dalam memasarkan produknya Batok Djogja bekerjasama dengan trading TITON CRAFT. dan produknya kini sudah beredar di negara-negara Eropa,Timur Tengah, Amerika, dan Canada.

2. Kerajinan Enceng Gondok di Dusun Jambu, sebuah dusun yang terletak di pesisir pantai selatan Bantul, tepatnya di Patehan, Gadingsari, Kecamatan Sanden, Bantul. Banyak warga disana menekuni Bisnis Kerajinan Enceng Gondok dalam skala usaha kecil dan Rumah tangga. Meski demikian ketekunan warga Jambu dalam menganyam enceng gondok dan menghasilkan berbagai bentuk kerajinan mampu menghantar produknya ke pasar Amerika Serikat, Belgia dan Australia.

Lokasi kecamatan sanden bantul
Selain itu Kecamatan Sanden juga memiliki tempat-tempat kuliner yang lezat seperti:

1. Sate Kebon di Dusun Trisigan jl. Sanden, tempat makan sederhana ini menawarkan menu seperti Sate Kambing Muda dan Tongseng. Karena lokasinya berada di tengah kebun, maka masyarakat lebih mengenalnya dengan sebutan "Warung Sate Kebon"

2. Bakmi Godog Kang Ribut yang berada di Dusun Dagan, Murtigading. Menu yang disajikan ialah Bakmi Godog, Bakmi Goreng dan Nasi Goreng, tempat makan ini buka malam hari dan selalu ramai dikunjungi pelanggannya.

3. Mie Ayam Kang Surat, yang berada di Dusun Trisigan, jl. Sanden, menu yang ditawarkan adalah Mie Ayam dan Bakso.

Bagi yang suka menikmati udara malam sambil menikmati makanan khas angkringan dengan hangatnya Wedahang Jahe, Teh Nasgitel, kita bisa mampir di Angkringan Kang Sarjiyo di jl. Sanden atau sebelah selatan SMA Negeri 1 Sanden. Dan masih banyak lagi tempat-tempat kuliner di Sanden yang layak dicoba dan siap memanjakan lidah kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar